“În anumite situații, infracțiunea de evaziune fiscală poate fi acum anchetată și de către Parchetul European”

Adrian Șandru

Senin, 12 September 2022

Kami mengusulkan wawancara yang sangat menarik dengan salah satu pengacara kriminal terbaik yang muncul di Rumania. Adrian andru, pengacara berpengalaman, spesialis hukum pidana, fokus pada aspek kerjasama peradilan internasional dan whistleblowing, yang baru-baru ini meluncurkan bukunya yang berjudul European Public Prosecutor’s Office. Peraturan. Kontroversi. Kami membahas implikasi kriminal dari berbagai kejahatan yang dilakukan di bidang perjudian, seperti penipuan mesin, kami juga membahas risiko kriminal yang dialami oleh mereka yang melanggar ketentuan Arahan Eropa tentang AML dan pasar gelap serta risiko yang ditimbulkannya. muncul kembali dengan biaya tambahan domain kami musim panas ini.

Adrian Sandru

Adrian Sandru

Penipuan perangkat. Anda pasti pernah mendengar tentang ini. Ada situasi yang juga kami sadari, di mana berbagai orang berhasil “berjalan” ke perangkat, terkadang dengan bantuan internal, terkadang menggunakan teknologi canggih, dan menyebabkan kerusakan pada beberapa operator ribuan atau puluhan ribu euro. Bagi mereka yang berpikir mereka dapat menghasilkan “uang mudah” dengan cara ini, apa yang Anda sampaikan kepada mereka? Masalah hukum dan kriminal apa yang dihadapi orang-orang seperti itu?

Kasus-kasus ini sangat terkenal dan tidak jarang sampai ke meja kejaksaan atau bahkan di pengadilan. Apakah kita berbicara tentang kejahatan penipuan “sederhana” atau bahkan mekanisme yang lebih kompleks, yang melibatkan pelaksanaan kejahatan komputer atau pembentukan kelompok kriminal terorganisir, ada beberapa metode hukum yang efektif yang memerlukan perilaku pencegahan aktif dari pihak perusahaan yang bergerak di bidang perjudian. Saya sering mewakili badan hukum sejak tahap awal yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi penipuan dan kemudian memulihkan kerusakan. Saya ingin menyebutkan bahwa ada layanan yang ditawarkan oleh penyelidik swasta yang dikombinasikan dan dikoordinasikan dengan keahlian seorang pengacara khusus di bidang hukum pidana, dapat menghasilkan hasil dengan cepat, dalam arti informasi yang diperoleh akan digunakan lebih lanjut oleh otoritas dalam suatu penyelidikan kriminal. Dengan kata lain, ada metode hukum modern dan efektif untuk memerangi fenomena ini dan untuk mengimbangi kemungkinan kepasifan pihak berwenang. Saya percaya, bagaimanapun, bahwa metode ini akan lebih dikenal dan digunakan dengan perubahan mentalitas kolektif beralih ke pengacara pidana tidak hanya ketika sudah ada prosedur yang sedang berlangsung di hadapan otoritas tetapi dari saat pertama ketika ada indikasi bahwa orang/karyawan tertentu menipu perusahaan.

Tetap diam di bidang penipuan mesin slot, ada situasi di masa lalu di mana orang-orang dari perusahaan perjudian mencoba untuk memenangkan lebih banyak dan memodifikasi hal-hal tertentu di mesin slot dan mengubah parameter teknologi dan metrologi. Dalam pengalaman Anda, pernahkah Anda mendengar kasus seperti itu sebelumnya? Apa risiko orang-orang yang terlibat dalam hal seperti itu dari sudut pandang kriminal?

Tanpa terlalu teknis, saya dapat menyatakan secara umum bahwa dengan evolusi teknologi dan operasionalisasi TI dari banyak proses dan di area perjudian, di samping kejahatan klasik yang melindungi aset perusahaan (penggelapan, penipuan, atau penyalahgunaan kepercayaan) ), semakin banyak dilakukan juga kejahatan komputer. Khususnya, ketika sistem komputer diakses atau data diubah tanpa hak oleh seorang karyawan di sistem komputer, untuk menyembunyikan jejak kejahatan paling sering kondisi hukum untuk menangkap kejahatan komputer, seperti pemalsuan komputer atau akses ilegal ke sistem komputer . Tentu saja, tergantung pada cara konkret bertindak, kejahatan yang dilakukan dapat berbeda, sehingga seorang pengacara yang berspesialisasi dalam bidang hukum pidana ini dapat memandu perusahaan ke otoritas mana. Misalnya, sebagian besar kejahatan komputer menarik kompetensi investigasi DIICOT. Oleh karena itu, sangat penting bahwa ketika potensi kejahatan diidentifikasi, kantor kejaksaan yang bertanggung jawab atas penyelidikannya dilaporkan secara langsung untuk meningkatkan peluang pemulihan kerusakan dalam waktu yang optimal. Dalam situasi seperti ini, penundaan berhari-hari/minggu bagi berkas perkara untuk “berjalan” dari satu kejaksaan ke kejaksaan lain dapat berarti memperkecil peluang untuk menjatuhkan sanksi kepada para pelaku dan memulihkan kerugian yang diderita.

Pada tanggal 7 Januari 2022, Peraturan Presiden ONJN No. 370/2021 untuk persetujuan Instruksi pencegahan dan pemberantasan pencucian uang dan pendanaan terorisme di bidang perjudian (AML Instructions). Dengan demikian, setelah lebih dari dua tahun menunggu, rezim AML baru di sektor perjudian akhirnya selesai/difinalisasi, sehingga sangat jelas kewajiban apa yang harus dipatuhi oleh operator berlisensi. Risiko kriminal apa yang dikenakan kepada mereka yang melanggar ketentuan Arahan Eropa tentang AML?

Ya, setelah beberapa tahun di mana ada diskusi bahkan di bidang hukum terkait dengan area perjudian, tampaknya sekarang ada kerangka peraturan yang jelas yang lebih membebankan kewajiban kepada para pelaku di pasar ini. Perintah yang Anda maksudkan sebatas mengacu pada pasal sanksi UU No. 129/2019 tentang pemberantasan pencucian uang. Denda yang signifikan untuk ketidakpatuhan terhadap persyaratan hukum disebutkan di sana, yang dapat mencapai hingga 5.000.000 lei. Saya ingin menekankan bahwa di luar potensi denda yang bersifat bertentangan, kegagalan untuk mematuhi persyaratan hukum seperti kewajiban pelaporan dapat melibatkan perusahaan dalam mekanisme penipuan dan mengeksposnya ke penyelidikan kriminal yang merugikan perusahaan mana pun di area perjudian. atau orang perseorangan dalam pengelolaannya, dengan dampak negatif dalam jangka menengah dan panjang.

Pasar gelap saat ini kembali ke industri perjudian dengan amandemen Kode Fiskal mulai 1 Agustus 2022 dan Ordonansi untuk amandemen dan penyelesaian GEO 77/2009. Dengan perubahan legislatif ini, Pemerintah telah membebani daerah yang sudah dibebani pajak. Tetapi hal tersulit bagi industri kami adalah bahwa kenaikan pajak besar ini terjadi setelah 2 tahun pandemi di mana ladang kami benar-benar ditutup selama berbulan-bulan, dan kemudian ditutup dan dibuka berdasarkan tingkat kejadian dan kemudian dibatasi sampai benar-benar tidak ada manusia. sumber daya dan tanpa kelembaban finansial. Dalam kondisi seperti ini, apakah kita berisiko munculnya kembali pasar gelap? Seberapa besar risiko ini? Apa saran Anda untuk mereka yang mungkin mengambil jalan yang salah? Risiko kriminal apa yang mereka hadapi? Juga, apa yang akan Anda rekomendasikan kepada gubernur?

Sayangnya, pengalaman telah menunjukkan kepada kita, lebih dari sekali, bahwa langkah-langkah ini biasanya tidak efektif dan menyebabkan perbedaan yang lebih besar antara ekonomi riil dan angka resmi yang mewakili pengumpulan pajak dan bea. Dalam banyak kasus, beban pajak yang berlebihan menyebabkan perusahaan-perusahaan tertentu tidak memprioritaskan pelaporan pendapatan yang benar dan terkena penyidikan tindak pidana atas tindak pidana penggelapan pajak. Dari praktek, telah diamati bahwa ANAF investigasi dan rujukan ke kantor kejaksaan pada jenis kejahatan, di mana, selain kerugian yang terdiri dari jumlah uang yang terutang dan tidak ditransfer ke anggaran negara, kadang-kadang bahkan peningkatan yang berlebihan. menambahkan, menyebabkan kebangkrutan beberapa bisnis yang dulunya menguntungkan. Saya pikir setiap bisnis harus memiliki proyeksi jangka menengah dan panjang dan memperhitungkan semua risiko yang dihadapinya ketika menggunakan metode “optimasi pajak” tertentu. Saya merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan ahli pajak bersama dengan pengacara yang berspesialisasi dalam Hukum Perpajakan sebelum membuat keputusan tertentu, terutama karena, dalam situasi tertentu, kejahatan penghindaran pajak sekarang juga dapat diselidiki oleh Kantor Kejaksaan Umum Eropa.

Adapun gubernur, saya pikir saya termasuk kelompok mayoritas yang bekerja setiap hari di area bisnis dan mengklaim bahwa tindakan yang berdampak besar pada anggaran bisnis tidak dapat diambil tanpa evaluasi, tanpa berkonsultasi dengan semua aktor terkait. langkah-langkah sebelumnya dan tanpa strategi yang koheren dalam jangka menengah dan panjang untuk menghasilkan prediktabilitas bagi investor.

Adrian Sandru

Adrian Sandru

Bio:

Adrian andru – Senior Associate dalam tindakan Botezatu Estrade Partners.

Salah satu pengacara kriminal terbaik yang muncul di Rumania. Pengacara berpengalaman, khusus dalam hukum pidana, fokus pada isu-isu kerjasama peradilan internasional dan whistleblowing, baru-baru ini merilis bukunya berjudul European Public Prosecutor’s Office. Peraturan. Kontroversi. Penjelasan dalam bahasa Rumania dan versi adaptasi dalam bahasa Inggris. Adrian telah mengumpulkan banyak pengalaman mewakili individu dan badan hukum dalam kasus ekonomi-keuangan yang paling kompleks dalam beberapa tahun terakhir, berkolaborasi dengan firma hukum paling bergengsi di bidang hukum bisnis kriminal di Rumania.

Pada tahun 2019, av. Adrian andru menerima penghargaan Rising Star in White Collar Crimes Matters dari Romanian Criminal Business Journal. Pada tahun 2020 dan 2021, Adrian menerima Penghargaan Majalah “Dreptul” untuk penerbitan ilmiah di bidang hukum, menjadi yang pertama di Rumania bahwa seseorang menerima penghargaan ini dalam dua tahun berturut-turut.

Lebih lanjut, Adrian adalah pakar dari Rumania dalam beberapa proyek kerjasama internasional dalam masalah kriminal untuk Eurojust atau Dewan Eropa.

Author: Gabriel Phillips