Raportul Corpului de Control al Ministerului Finantelor, scoate in evidenta o serie de probleme la ONJN

Raportul Corpului de Control al Ministerului Finantelor, scoate in evidenta o serie de probleme la ONJN

Kamis, 4 Mei 2023

Setelah hampir satu tahun, Badan Pengawasan Kementerian Keuangan “berhenti” di Kantor Nasional Perjudian, inilah hasil laporan yang menyoroti serangkaian masalah yang dihadapi lembaga tersebut. Selain menyoroti permasalahan, laporan tersebut merumuskan serangkaian langkah yang wajib dilakukan oleh pengurus ONJN.

Sebagai hasil dari tindakan pengendalian tersebut, Menteri Keuangan menyetujui Laporan Pengendalian, no. 220322/1220423/27.03.2023, dimana Badan Perjudian Nasional diperintahkan untuk menerapkan langkah-langkah sebagai hasil dari kesimpulan yang dirumuskan mengenai kegiatan perizinan dan otorisasi yang dilakukan oleh ONJN!

Salah satu langkah, setidaknya menarik, yang diperintahkan oleh laporan ini terkait dengan:

“Pemberitahuan komisi disiplin yang dibentuk di tingkat ONJN mengenai komisi oleh pegawai negeri (Mihăiţă RUIU, Ana Maria BADEA, Irina Gabriela ANGHEL, Mihaela DUDU-MANEA, Claudiu Alexandru SCUTARU, Monica Claudia PIRUJINSCHI, Nicoleta VOICU, Gabriela LEAHU, di bawah aspek kesinambungan fakta, pelanggaran disiplin yang diatur dalam pasal 492 ayat (2), huruf b, kelalaian berulang dalam menyelesaikan pekerjaan dan pasal 492 ayat (2), huruf k) pelanggaran ketentuan tentang tugas dan larangan yang ditetapkan undang-undang bagi PNS, selain yang terkait dengan benturan kepentingan dan ketidaksesuaian, dari GEO no. 57/2019.”

Serangkaian tindakan lain yang diberlakukan oleh laporan kontrol, menyangkut serangkaian kesimpulan yang dirumuskan tentang penyelenggaraan akreditasi menurut standar ISO 17020 dan/atau ISO 17025.

“Memulai langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamandemen GEO 77/2009 agar:
a) Mendefinisikan lisensi kelas 2 dan kegiatan terkait di bidang perjudian untuk memiliki peraturan khusus dan mencapai pembedaan lisensi untuk menyelenggarakan Games of Chance dari lisensi untuk melakukan kegiatan terkait.

b) untuk seni. 17, para. (2) dari GEO no. 77/2009 untuk memisahkan keadaan yang mengakibatkan pencabutan izin usaha perjudian dengan keadaan yang mengakibatkan pencabutan izin golongan II.

c) Dalam seni. 17, para. (9•1) dari GEO no. 77/2009 untuk memperkenalkan kemungkinan bagi Panwaslu untuk menangguhkan kegiatan penyelenggara perjudian atau pelaku ekonomi berizin kelas II sebagai akibat dari pemberitahuan jabatan.”

“Analisis, klarifikasi dan penyelesaian oleh Panwaslu terhadap situasi pelaku ekonomi, pemegang lisensi kelas II ·a untuk lembaga penilaian kesesuaian, yang tidak membuktikan bahwa mereka adalah perusahaan khusus di bidang perjudian, memberikan sertifikat akreditasi sesuai dengan persyaratan standar ISO 17025 atau 17020 untuk bidang kegiatan selain bidang perjudian. Penerapan langkah-langkah yang diperlukan agar kegiatan penilaian kesesuaian dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang perjudian sesuai dengan ketentuan GEO no. 77/2009, GD no. 111/2016 dan Peraturan (EC) no. 765/2008.”

“Penyelesaian Surat Perintah No. 404/2020 dengan persyaratan teknis minimum untuk memeriksa alat permainan untuk semua alat permainan tradisional lainnya yang disediakan oleh undang-undang Insidentil.”

“Menyelesaikan langkah-langkah mengenai persetujuan skema akreditasi teknis bidang Perjudian yang dikeluarkan oleh badan nasional
akreditasi · RENAR.”

Di samping itu semua, laporan tersebut memuat serangkaian kesimpulan terkait kegiatan perizinan dan otorisasi beberapa pelaku ekonomi yang dilakukan oleh ONJN.

Selain itu, laporan pengawasan menunjukkan adanya dua kelompok yang terdiri dari mantan dan pegawai ONJN saat ini, yang bertindak antagonis dalam konteks penerbitan Surat Perintah No. 404/2020 dan No. 86/2021, dari sudut pandang bagaimana menafsirkan ketentuan hukum mengenai penguasaan teknis mesin, instalasi, perangkat, meja judi dan sarana permainan lainnya, masing-masing mengenai kewajiban untuk mengadakan akreditasi menurut ISO 17020 dan/atau ISO 17025 standar oleh badan penilaian kesesuaian.

Seperti yang saya katakan di atas, laporan itu “enak” dan berisi serangkaian “masalah” yang dihadapi lembaga dan yang wajib diselesaikan oleh manajemen sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan!

Silakan baca laporan tersebut secara keseluruhan di bawah ini:

media fw

Author: Gabriel Phillips